SILABUS
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Satuan Pendidikan : SMPN 2 BANGKUNAT BELIMBING
Kelas :
VIII
Semester :
I (Satu)
Kompetensi Inti :
·
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
·
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI 4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan
upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
Sistem Gerak pada Manusia
·
Struktur
dan fungsi rangka
·
Struktur
dan fungsi sendi
·
Struktur
dan fungsi otot
·
Upaya
menjaga kesehatan sistem gerak
|
·
Mengamati
struktur dan fungsi rangka, sendi, dan otot manusia
·
Melakukan
percobaan untuk mengetahui struktur gerak, jenis dan perbedaan serta
mekanisme kerja jaringan otot
·
Mengidentifikasi
gangguan pada sistem gerak, upaya mencegah dan cara mengatasinya
·
Menyajikan
hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan
serta upaya mengatasinyadalam bentuk tulisan dan mendiskusikannya dengan
teman
|
4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya
menjaga kesehatan sistem gerak manusia
|
||
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk
hidup
|
Gerak dan Gaya
·
Gerak
pada benda
·
Hukum
Newton tentang gerak
·
Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda
|
·
Melakukan
percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
·
Melakukan
percobaan mengukur kecepatan dan percepatan
·
Melakukan
percobaan hukum Newton dan menganalisis hubungannya pada gerak makhluk hidup
dan benda dalam kehidupan sehari-hari
·
Melaporkan/
memaparkan hasil penyelidikan
pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam bentuk tulisan
·
Mengamati
dan mengidentifikasi proses gerak pada tumbuhan dan hewan untuk menjelaskan
penerapannya pada benda, seperti pesawat, kapal selam
|
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak
benda
|
||
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
|
Pesawat Sederhana
·
Kerja/Usaha
·
Jenis
pesawat sederhana
·
Keuntungan
mekanik
·
Prinsip
pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
|
·
Mengamati
cara kerja pesawat sederhana secara langsung/video
·
Mengidentifikasi
jenis pesawat sederhana seperti katrol, roda berporos, bidang miring
·
Melakukan
percobaan dan mengidentifikasi mekanisme kerja pesawat sederhana serta
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
·
Melaporkan/
memaparkan hasil penyelidikan tentang manfaat pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang
manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
||
3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
Struktur dan Fungsi Tumbuhan
·
Struktur
dan fungsi akar, batang dan daun
·
Struktur
dan fungsi bunga, buah dan biji
·
Struktur
dan fungsi Jaringan
·
Teknologi
yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
·
Mengamati
dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan
·
Menyusun
rencana dan melakukan percobaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap
struktur dan fungsi tumbuhan serta tekno-logi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
·
Melaporkan/
memaparkan hasil kesimpulan berdasarkan pengamatan dan percobaanstruktur
jaringan
·
Melaporkan
hasil pengamatan teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan dan
mendiskusikannya dengan teman.
|
4.4 Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber
informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur
tumbuhan
|
||
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan
yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan
sistem pencernaan
|
Sistem Pencernaan pada manusia
·
Zat
makanan
·
Uji
bahan makanan
·
Organ
pencernaan
·
Enzim
pencernaan
·
Penyakit
yang berhubungan dengan sistem pencernaan
|
·
Mengamati
berbagai bahan makanan dan melakukan pengujian kandungan bahan makanan
·
Melakukan
percobaan uji bahan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak dan
protein
·
mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pencernaanserta proses pencernaan di dalam tubuh
·
mengumpulkan
informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan
·
melakukan
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
·
Menyimpulkan,
melaporkan/memaparkan hasil percobaan dan mendiskusikannya dengan teman
|
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis
dan kimiawi
|
||
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat
adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
|
Zat Aditif dan Zat Adiktif
· Jenis zat aditif (alami
dan buatan) dalam makanan dan minuman
· Jenis zat adiktif
· Pengaruh zat aditif dan
adiktif terhadap kesehatan
|
·
Mengamati
bahan makanan di lingkungan sekitar yang mengandung zat aditif serta tayangan
berita penyalahgunaan zat adiktif
·
Mengidentifikasi
zat-zat aditif yang ditambahkan pada makanan dan jenis-jenis zat adiktif serta penyalah-gunaannya dalam
kehidupan
·
Menyimpulkan
dan melaporkan hasil identifikasi jenis-jenis
zat aditif dan adiktif serta
penyalahgunaan-nya dalam kehidupan, serta mendiskusikannya dengan teman
|
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif
dan zat adiktif bagi kesehatan
|
||
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan
memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan
sistem peredaran darah
|
Sistem Peredaran Darah
·
Organ
peredaran darah
·
Jenis
peredaran darah
·
Penyakit
pada sistem peredaran darah
|
·
Mengamati
modelsistem peredaran darah.
·
Mengidentifikasi
komponen darah, organ-organ pada sistem peredaran darah, jenis peredaran
darah pada manusia, serta berbagai penyakit pada sistem peredaran darah
·
Melakukan
penyelidikan dan menyajikan laporan tentang pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, durasi) dengan frekuensi denyut jantung
|
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis,
intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung
|
||
3.8 Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan
|
Tekanan Zat
·
Tekanan
zat padat, cair, dan gas
·
Tekanan
darah
·
Osmosis
·
Kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan
|
·
Mengamati
berbagai fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair dan gas
serta tekanan pada pembuluh darah manusia dan jaringan angkut pada tumbuhan
·
Menghubungkan
tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia, osmosis, dan
peristiwa kapilaritas
·
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas serta
mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya
·
Menyajikan
hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas dalam bentuk peta konsep dan
mendiskusikannya dengan teman.
|
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan
zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam
batang tumbuhan
|
||
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami
gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem
pernapasan
|
Sistem Pernapasan
·
Organ
pernapasan
·
Mekanisme
pernapasan
·
Gangguan
pada sistem pernapasan
·
Upaya
menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
·
Mengamati
model sistem pernapasan.
·
Mengidentifikasi
organ pernapasan, mekanisme pernapasan, serta gangguan dan upaya menjaga
kesehatan pada sistem pernapasan
·
Menuliskan
laporan dan memaparkan hasil identifikasi organ, mekanisme sistem pernapasan
dan penyakit serta upaya menjaga kesehatan
·
Membuat
poster tentang bahaya merokok bagi kesehatan
|
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem
pernapasan
|
||
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan
memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
Sistem Ekskresi
·
Struktur
dan fungsi sistemekskresi
·
Gangguan
pada sistem ekskresi
·
Upaya
menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
·
Mengamati
tayangan/model sistem ekskresi
·
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi, serta gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem
ekskresi
·
Membuat
karya tulis tentang menjaga kesehatan sistem ekskresi dan mendiskusikannya
dengan teman
|
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada
manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
||
3.11 Menganalisis
konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
|
Getaran, Gelombang, dan Bunyi
·
Getaran
·
Gelombang
·
Bunyi
·
Sistem
pendengaran pada manusia
·
Pemanfaatan
gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari
·
Sistem
sonar pada hewan
|
·
Mengamati
fenomena getaran pada bandul ayunan,
gelombang pada tali/slinki serta bunyi dari berbagai sumber bunyi
·
Mengamati
mekanisme mendengar pada manusia dan sistem sonar pada hewan
·
Melakukan
percobaan untuk mengukur periode dan frekuensi getaran bandul ayunan
·
Melakukan
percobaan untuk mengukur besaran-besaran pada gelombang
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian sistem pendengaran untuk
mengetahui mekanisme mendengar pada manusia
·
Melakukan
percobaan frekuensi bunyi dan resonansi untuk menjelaskan sistem sonar pada
hewan
·
Menyajikan
hasil percobaan dan identifikasi dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikannya dengan teman
|
4.11 Menyajikan
hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
|
||
3.12 Menganalisis
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta
penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan
prinsip kerja alat optik
|
Cahaya
·
Sifat-sifat
cahaya
·
Pembentukan
bayangan pada cermin dan lensa
·
Penglihatan
manusia
·
Proses
pembentukan bayangan pada mata serangga
·
Alat
optik
|
·
Melakukan
pengamatan fenomena serta mendiskusikannya terkait dengan pembiasan cahaya
dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pelangi, jalan aspal nampak berair,
sedotan yang terlihat patah di dalam gelas berisi air
·
Mengamati
bayangan pada cermin dan lensa.
·
Mengamati
mata manusia dan mata serangga serta mengidentifikasi kesamaannya dengan
alat-alat optik seperti lup, kamera, dan mikroskop
·
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta
mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik
·
Memaparkan
hasil percobaan pembentukan bayangan pada cermin dan lensa serta
mengidentifikasi bagian-bagian mata dan jenis-jenis alat optik dalam bentuk
laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman.
|
4.12 Menyajikan
hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar