Sabtu, 24 November 2018

RPP Kelas 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP) 


Sekolah : SMP NEGERI 2 BANGKUNAT BELIMBING
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Sistem Gerak pada Manusia
Alokasi Waktu : 14 JP (14 x 40 Menit)


A. Kompetensi Inti

· KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

· KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

· KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.



B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi




Kompetensi Dasar

Indikator


3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

· Menganalisis struktur dan fungsi rangka

· Menganalisis struktur dan fungsi sendi

· Menganalisis struktur dan fungsi otot

· Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak


4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia

· Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya




C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

· Menganalisis struktur dan fungsi rangka

· Menganalisis struktur dan fungsi sendi

· Menganalisis struktur dan fungsi otot

· Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak

· Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya



D. Materi Pembelajaran

1. Materi Pembelajaran Reguler

Sistem Gerak pada Manusia

· Struktur dan fungsi rangka

· Struktur dan fungsi sendi

· Struktur dan fungsi otot

· Upaya menjaga kesehatan sistem gerak



1. Fakta

Dalam satu hari, banyak aktivitas yang kita lakukan, misalnya mandi, makan, berjalan, berlari, berolahraga, dan sebagainya. Manusia dapat melakukan segala macam aktivitas bergerak itu karena dia memiliki sistem organ gerak. Organ gerak manusia ada dua macam, yaitu otot dan rangka.



Bagaimana alat tersebut dapat membantu gerakan kita?. Di dalam tubuh, rangka tersasun oleh banyak tulang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Adanya rangka, menjadikan otot-otot rangka dapat melekat, sel-sel darah merah terbentuk (hemopoesis) dan limfosit B. Selain itu, rangka menjadi tempat penyimpanan kalsium terutama fosfat, sehingga sewaktu diperlukan dapat dilepaskan dari darah. Fungsi tulang dalam sistem rangka manusia meliputi:

· Sebagai alat gerak pasif

· Menegakkan badan, misalnya tulang-tulang punggung

· Memberi bentuk badan, misalnya tulang-tulang punggung

· Melindungi bagian-bagian tubuh yang penting, misalnya jantung

· Tempat melekatnya otot-otot

· Tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih







2. Konsep

Berdasarkan letak susunannya, rangka dapat dibedakan menjadi dua.

· Rangka endoskeleton yaitu rangka yang terletak di dalam tubuh terdapat pada hewan vertebrata

· Rangka eksoskeleton yakni rangka yang terletak di luar tubuh rangka eksoskeleton terdapat pada hewan invertebrata.

Secara umum, rangka tubuh manusia dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu rangka/skeleton aksial dan rangka/skeleton apendikuler.

a. Rangka aksial (rangka sumbu)

Rangka aksial merupakan jenis rangka yang tidak langsung terkait dengan sistem gerak. Karena itu, tugasnya adalah melindungi organ-organ yang berada dalam tubuh, misalnya otak, jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya. Rangka aksial manusia terdiri atas :

· Tengkorak

Tulang yang membentuk bagian kepala: tulang baji, tulang tapis, tulang pelipis, tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang kepala belakang

Tulang yang menyusun wajah: tulang rahang, tulang pipi, tulang langit-langit, tulang hidung, tulang mata, tulang pangkal lidah

· tulang belakang: tulang leher, tulang punggung, tulang pinggang dan tulang sakral

· tulang dada: tulang hulu, tulang badan, tulang bahu pedang

· tulang rusuk: tulang rusuk sejati, tulang rusuk melayang, tulang rusuk melayang

b. Rangka apendikuler (rangka anggota badan)

Rangka apendikuler terkait langsung dengan sistem gerak. Rangka apendikuler tersusun atas tulang bahu, tulang panggul, tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah.

· Tulang bahu: tulang belikat dan tulang selangka

· Tulang panggul: tulang usus, tulang kemaluan dan tulang duduk

· Anggota gerak atas

· Anggota gerak bawah



3. Prinsip

· Rangka tubuh pada manusia tersusun dari rangka aksial dan apendikular

· Masing-masing tulang penyusun rangka pada manusia memiliki struktur dan fungsi masing-masing



4. Prosedural

· Menghitung jumlah tulang penyusun sistem rangka pada manusia





E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scientific

2. Metode : Diskusi, ceramah, observasi, tanya jawab, presentasi

3. Model : Discovery Learning



F. Media Pembelajaran

v Media :

Ø Gambar rangka, sendi, dan otot pada manusia



v Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis



G. Sumber Belajar

Ø Buku siswa IPA Kelas VIII

Ø Buku guru IPA Kelas VIII

Ø Lingkungan sekitar



H. Langkah-Langkah Pembelajaran


1 . Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 110 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Struktur dan Fungsi Rangka Manusia dengan cara :
v Mengamati
Menayangkan gambar system gerak (rangka) manusia.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan.
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan materi Struktur dan Fungsi Rangka Manusia.
v Mengumpulkan informasi tentang materi yang telah diperoleh.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik:
v Mengolah informasi dari materi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati.
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku.

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik:
v Menyampaikan hasil diskusi (presentasi) tentang Struktur dan Fungsi Rangka Manusia.
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Membuat kesimpulan hasil presentasi dan diskusi.
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Struktur dan Fungsi Rangka Manusia yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Kegiatan Penutup (5 Menit)
Peserta didik :
v Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur dan Fungsi Rangka Manusia.
v Mencatat pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur dan Fungsi Rangka Manusia yang baru diselesaikan.
v Berdoa bersama-sama sebelum menutup pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar