RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP NEGERI 2 BANGKUNAT BELIMBING
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Sistem Gerak pada Manusia
Alokasi Waktu : 14 JP (14 x 40 Menit)
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
· KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
· Menganalisis struktur dan fungsi rangka
· Menganalisis struktur dan fungsi sendi
· Menganalisis struktur dan fungsi otot
· Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak
4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
· Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· Menganalisis struktur dan fungsi rangka
· Menganalisis struktur dan fungsi sendi
· Menganalisis struktur dan fungsi otot
· Menganalisis upaya menjaga kesehatan sistem gerak
· Menyajikan hasil pengamatan dan identifikasi tentang sistem gerak manusia dan gangguan serta upaya mengatasinya
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Sistem Gerak pada Manusia
· Struktur dan fungsi rangka
· Struktur dan fungsi sendi
· Struktur dan fungsi otot
· Upaya menjaga kesehatan sistem gerak
1. Fakta
Dalam satu hari, banyak aktivitas yang kita lakukan, misalnya mandi, makan, berjalan, berlari, berolahraga, dan sebagainya. Manusia dapat melakukan segala macam aktivitas bergerak itu karena dia memiliki sistem organ gerak. Organ gerak manusia ada dua macam, yaitu otot dan rangka.
Bagaimana alat tersebut dapat membantu gerakan kita?. Di dalam tubuh, rangka tersasun oleh banyak tulang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Adanya rangka, menjadikan otot-otot rangka dapat melekat, sel-sel darah merah terbentuk (hemopoesis) dan limfosit B. Selain itu, rangka menjadi tempat penyimpanan kalsium terutama fosfat, sehingga sewaktu diperlukan dapat dilepaskan dari darah. Fungsi tulang dalam sistem rangka manusia meliputi:
· Sebagai alat gerak pasif
· Menegakkan badan, misalnya tulang-tulang punggung
· Memberi bentuk badan, misalnya tulang-tulang punggung
· Melindungi bagian-bagian tubuh yang penting, misalnya jantung
· Tempat melekatnya otot-otot
· Tempat pembuatan sel darah merah dan sel darah putih
2. Konsep
Berdasarkan letak susunannya, rangka dapat dibedakan menjadi dua.
· Rangka endoskeleton yaitu rangka yang terletak di dalam tubuh terdapat pada hewan vertebrata
· Rangka eksoskeleton yakni rangka yang terletak di luar tubuh rangka eksoskeleton terdapat pada hewan invertebrata.
Secara umum, rangka tubuh manusia dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu rangka/skeleton aksial dan rangka/skeleton apendikuler.
a. Rangka aksial (rangka sumbu)
Rangka aksial merupakan jenis rangka yang tidak langsung terkait dengan sistem gerak. Karena itu, tugasnya adalah melindungi organ-organ yang berada dalam tubuh, misalnya otak, jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya. Rangka aksial manusia terdiri atas :
· Tengkorak
Tulang yang membentuk bagian kepala: tulang baji, tulang tapis, tulang pelipis, tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang kepala belakang
Tulang yang menyusun wajah: tulang rahang, tulang pipi, tulang langit-langit, tulang hidung, tulang mata, tulang pangkal lidah
· tulang belakang: tulang leher, tulang punggung, tulang pinggang dan tulang sakral
· tulang dada: tulang hulu, tulang badan, tulang bahu pedang
· tulang rusuk: tulang rusuk sejati, tulang rusuk melayang, tulang rusuk melayang
b. Rangka apendikuler (rangka anggota badan)
Rangka apendikuler terkait langsung dengan sistem gerak. Rangka apendikuler tersusun atas tulang bahu, tulang panggul, tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah.
· Tulang bahu: tulang belikat dan tulang selangka
· Tulang panggul: tulang usus, tulang kemaluan dan tulang duduk
· Anggota gerak atas
· Anggota gerak bawah
3. Prinsip
· Rangka tubuh pada manusia tersusun dari rangka aksial dan apendikular
· Masing-masing tulang penyusun rangka pada manusia memiliki struktur dan fungsi masing-masing
4. Prosedural
· Menghitung jumlah tulang penyusun sistem rangka pada manusia
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi, ceramah, observasi, tanya jawab, presentasi
3. Model : Discovery Learning
F. Media Pembelajaran
v Media :
Ø Gambar rangka, sendi, dan otot pada manusia
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
G. Sumber Belajar
Ø Buku siswa IPA Kelas VIII
Ø Buku guru IPA Kelas VIII
Ø Lingkungan sekitar
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1
. Pertemuan Pertama
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (5 Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME
dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti ( 110
Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
(5 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v Membuat
kesimpulan dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Struktur dan Fungsi Rangka Manusia.
v Mencatat
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Struktur
dan Fungsi Rangka Manusia yang baru diselesaikan.
v Berdoa
bersama-sama sebelum menutup pembelajaran.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar